Pengaplikasian Gaya Kepemimpinan pada Tokoh-Tokoh di Dunia

Gambar
 A. Kepemimpinan Menurut buku Pengantar Manajemen karya Amirullah. S.E.M.M. kepemimpinan merupakan orang yang memiliki kewenangan untuk memberi tugas, mempunyai kemampuan untuk membujuk atau mempengaruhi orang lain (bawahan) dengan melalui pola hubungan yang baik guna mencapai tujuan yang telah ditentukan. Sedangkan Menurut buku Pengantar Manajemen karya Sentot Imam Wahjono, Kepemimpinan adalah proses seseorang memengaruhi orang lain untuk melakukan sesuatu atau banyak hal untuk mencapai tujuan organisasi dengan cara menginspirasi, memotivasi, dan mengarahkan. Orang yang mampu memengaruhi orang lain itu disebut pemimpin. Ketika pemimpin efektif, pengaruhnya terhadap orang lain akan membantu grup atau organisasi mencapai tujuannya. Sebaliknya, bila pemimpin tidak efektif, pengaruhnya tidak menyumbang atau bahkan merusak upaya pencapaian tujuan yang telah terbina sebelumnya. Menurut G.R.Terry (1960) sebagai salah seorang pengembang ilmu manajemen, mengemukakan bahwa tipe kepemimpinan a

Pengaplikasian Fungsi Manajemen pada PT. Indofood Sukses Makmur Tbk

PT. INDOFOOD CBP SUKSES MAKMUR Tbk


1. Planning (Perencanaan)

Fungsi manajemen yang pertama adalah fungsi perencanaan atau planning. Pengertian planning adalah ketika sebuah perusahaan atau organisasi menetapkan tujuan yang diinginkan dan kemudian menyusun rencana strategi bagaimana cara untuk mencapai tujuan tersebut. Planning menjadi proses terpenting dari semua fungsi manajemen yang ada. Tanpa adanya perencanaan yang tepat dan benar, maka fungsi-fungsi lainnya tidak akan dapat berjalan dan akibatnya seluruh operasional perusahaan akan terganggu.

Planning PT. Indofood secara garis besar tergambarkan dalam visi dan misi perusahaanya. Berikut adalah visi dan misi PT. Indofood :

Visi : Perusahaan Total Food Solutions.

Misi :

- Memberikan solusi atas kebutuhan pangan secara berkelanjutan.

- Senantiasa meningkatkan kompetensi karyawan, proses produksi dan teknologi kami.

- Memberikan kontribusi bagi kesejahteraan masyarakat dan lingkungan secara berkelanjutan.

- Meningkatkan stakeholders’ values secara berkesinambungan.

Berikut penerapan perencanaan dalam PT. Indofood :

1) Menetapkan arah tujuan dan target bisnis.

Indofood berupaya untuk menjadi perusahaan yang dapat memenuhi kebutuhan pangan dengan produk bermutu, berkualitas, aman untuk dikonsumsi dan menjadi pemimpin di industri makanan.

Memberikan solusi atas kebutuhan pangan secara berkelanjutan senantiasa meningkatkan kompetensi karyawan, tingkat produksi, dan teknologi, memberikan kontribusi bagi kesejahteraan masyarakat dan lingkungan secara berkelanjutan dan meningkatkan stakeholders’ values secara berkesinambungan.

2) Menyusun strategi untuk mencapai tujuan tersebut.

Perencanaan Produksi menggunakan SAP Indofood.

Setiap divisi harus menyesuaikan rencana produk mereka sehingga akan selalu tersedia segala jenis bumbu yang dibutuhkan oleh berbagai varian dari mie instant.

Harus menjaga agar persediaan digudang seminimal mungkin. 

IBM iSeries sebagai platform hardware yang digunakan.

iSeries memiliki keamanan, skalability dan efisiensi biaya dalam mendukung SAP, dan membantu perusahaan Indofood memaksimalisasi nilai dari solusi SAP.

3) Menetukan sumber daya yang dibutuhkan.

Perusahaan Indofood akan mengoptimalkan sumber daya yang unggul dengan pemberian pelatihan berdasarkan kebutuhan kompetensi di setiap jabatan, mulai dari tingkat jabatan operatif yang bersifat teknis hingga tingkat yang lebih tinggi dan bersifat kompetensi manajerial dan leadership , membangun kemitraan yang saling mendukung dan menguntungkan secara strategis dan sinergis.

4) Menetapkan standar kesuksesan dalam upaya mencapai tujuan.

Dalam mendukung kesuksesan dan kesinambungan perseroan perusahaan indofood menempatkan manajamen sumber daya manusia sebagai salah satu strategi dan kunci utama menuju kesuksesan kinerja.

Setiap karyawan memiliki kapasitas untuk berprestasi dan memberikan kontribusi terbaik demi keberhasilan tidak hanya perusahaan tetapi juga bangsa.

Seluruh bagian SDM sangat diperhitungkan pengembangannya,tujuannya untuk menghasilkan tenaga kerja bertalenta yang merupakan tenaga ahli yang mengerjakan pekerjaannya dengan baik dan bertanggung jawab.


2. Organizing (Pengorganisasian)

Fungsi manajemen berikutnya adalah fungsi pengorganisasian atau organizing. Pengertian pengorganisasian adalah pembagian tugas pada tiap-tiap anggota sesuai standar dan keahlian masing-masing. Fungsi pengorganisasian dalam suatu perusahaan biasanya berbentuk struktur organisasi yang mencermirkan tugas dan wewenang setiap jabatan dalam perusahaan.

Berikut penerapan pengorganisasian dalam PT. Indofood :

1) Direktur Utama

Direktur utama bertanggung jawab dalam mengembangkan arahan strategis perseroan dan memastikan bahwa seluruh target dan tujuan dapat tercapai.

2) Dewan Komisaris

Dewan Komisaris memiliki tugas utama untuk mengawasi direksi dalam menjalankan kegitan dan mengelola perseroan.

3) Direksi

Direksi bertugas untuk membantu Direktur Utama dalam mengelola usaha perseroan.

4) Komite Audit

Komite Audit dibentuk dan disusun untuk memenuhi ketentuan dalam peraturan Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan. Misi Komite Audit adalah membantu Dewan Komisaris PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. dalam menjalankan peran pengawasan dengan mengkaji laporan keuangan perseroan.

5) Audit Internal

Audit internal bertanggung jawab untuk mengevaluasi efektifitas sistem pengendalian internal Indofood, memastikan bahwa seluruh prosedur telah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan dan tepat waktu, serta memastikan reliability informasi operasional dan keuangan serta kepatuhan atas ketentuan dan kebijakan perseroan. Di samping itu, Audit Internal juga bertanggung jawab kepada direksi dan bertugas untuk melaksanakan audit dan mengawasi operasi perseroan untuk memberikan keyakinan bahwa pengelolaan di semua tingkatan telah dilaksanakan secara baik. Audit Internal secara berkala disampaikan kepada anggota komite audit direksi.

6) Komite Nominasi dan Remunerasi

Komite Nominasi dan Remunerasi bertanggung jawab dalam membantu tugas pengawasan dan pemberian nasihat Dewan Komisaris terkait aspek nominasi dan remunerasi Direksi dan Dewan Komisaris, termasuk pemberian rekomendasi terkait nominasi, program pengembangan dan evaluasi kinerja, sebagai bagian dari perencanaan suksesi, serta struktur dan kebijakan remunerasi Direksi dan Dewan Komisaris.

7) Pengendalian Internal dan Manajemen Resiko

Manajemen Indofood bertanggung jawab dalam pembentukan dan penerapan pengendalian internal yang memadai, perkiraan resiko, dan pengelolaan resiko melalui sistem yang dirancang untuk memberikan keyakinan yang memadai bagi manajemen dan direksi.

8) Manajemen Operasional

Setiap Manajer Operasional bertanggung jawab kepada direksi atas setiap kegiatan operasional perusahaan, mengkoordinir kegiatan operasional, serta sebagai penentu kebijakan operasional. Divisi pada Manajemen Operasional antara lain adalah Divisi Mie Instan, Divisi Packaging, Divisi Dairy, Divisi Nutrisi dan Makanan Khusus, Divisi Snack Foods, Divisi Food Seasonings, Divisi Internasional, Divisi Bogasari, Divisi Agribisnis, dan Divisi Distribusi.

9) Manajemen Korporasi

Setiap Manajemen Korporasi memiliki fungsi masing-masing sebagai pengelola kegiatan perseroan. Divisi pada Manajemen Korporasi antara lain adalah Divisi Treasury, Divisi Controller, Divisi Central Marketing, Divisi Corporate Purchasing, Divisi Investor Relations and Corporate Secretary, Divisi CHR and CPR, Divisi Legal, Divisi Corporate Internal Audit, Divisi Research and Development, dan Divisi Information Technology.


3. Actuating (Pengarahan)

Berikutnya adalah fungsi pengarahan atau actuating. Kegiatan dalam fungsi pengarahan meliputi, proses kepemimpinan, pembimbingan dan pemberian motivasi. Memberikan tugas dan wewenang yang jelas pada semua anggota organisasi, serta menjelaskan kebijakan yang telah ditetapkan. Semua kegiatan tersebut bertujuan agar semua tenaga kerja bisa bekerja secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan organisasi.

Berikut penerapan pengarahan dalam PT. Indofood :

1) Membimbing dan memberi motivasi kepada pekerja supaya bisa bekerja secara efektif dan efisien.

Memberikan imbalan jasa (upah dan gaji) yang layak, dan tepat waktu kepada karyawan.

Memberikan tugas pekerjaan yang jelas, adil dan sesuai dengan bidang, keahlian/ketrampilan dan kemampuan karyawan.

Memberikan insentif (penghasilan tambahan) berupa honor, tunjangan, hadiah dan sebagainya kepada karyawan berdasarkan prestasi dan hasil kerjanya.

Mendorong dan membantu setiap karyawan dalam pengembangan karir, melalui tugas belajar diklat, penataran, magang dan sebagainya, yang selanjutnya dilakukan promosi jabatan.

2) Memberi tugas serta penjelasan secara rutin tentang pekerjaan.

Menjalin hubungan baik dengan karyawan.

Menawarkan jenjang karir dan promosi jabatan sebagai stimulasi untuk memicu kemampuan setiap karyawan mengembangkan diri demi memajukan perusahaan.

Mengadakan training untuk karyawan setiap bulan atau dalam kurun waktu tertentu.

3) Menjelaskan semua kebijakan yang sudah ditetapkan.

PT. Indofood memberikan kesempatan cabang-cabangnya untuk mengajukan anggaran setiap 4 bulan ke kantor pusat Jakarta untuk selanjutnya di analisa dan ditetapkan oleh perusahaan induk.

PT. Indofood mengeluarkan kebijakan untuk meningkatkan kapasitas produksi dengan mendirikan pabrik II.

Pihak manajemen telah menetapkan kebijakan keselamatan dan kesehatan kerja perusahaan yang dilakukan oleh top manajemen dan organisasi P2K3.


4. Controlling (Pengendalian)

Fungsi manajemen yang terakhir adalah fungsi pengendalian atau controlling. Pengertian pengendalian adalah upaya untuk menilai suatu kinerja yang berpatokan kepada standar yang telah dibuat, juga melakukan perbaikan apabila memang dibutuhkan.

Berikut penerapan pengendalian dalam PT. Indofood :

1) Mengevaluasi keberhasilan dan target dengan cara mengikuti standar indikator yang sudah ditetapkan.

PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. masih memiliki sejumlah amunisi untuk menopang penguatan kinerja keuangan ke depan. Salah satunya adalah ekspetasi membaiknya tingkat permintaan pasar dalam negeri, seiring dukungan kebijakan pemerintah untuk masyarakat. Sedangkan ruang penopang pertumbuhan penjualan susu olahan perseroan ditopang atas peningkatan populasi produktif  Indonesia. Jumlah penduduk Indonesia yang bertumbuh dan besar bisa menjadi faktor penguat permintaan susu olahan ke depan. Terkait tren penjualan divisi produk makanan ringan, nutrisi, minuman dan bumbu olahan tetap kuat ke depan. Pertumbuhan volume penjualan makanan ringan diharapkan mencapai 18% tahun depan. Sedangkan kenaikan volume penjualan minuman ringan bisa mencapai 2% pada 2018.

2) Melakukan klarifikasi dan koreksi terhadap penyimpangan yang ditemukan.

PT Indofood Sukses Makmur Tbk pada produk indomie yang diproduksi mengandung zat berbahaya dari bahan kosmetik yaitu methyl parahydroxybenzoate dan benzoic acid (asam benzoat).

Kasus suap dan korupsi yang dilakukan manajemen PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. yang berdomisili di Purwakarta, Jawa Barat.

3) Memberi alternatif solusi yang mungkin bisa mengatasi masalah yang terjadi.

Kasus suap dan korupsi PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.sedang diusut oleh KPK.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengaplikasian Gaya Kepemimpinan pada Tokoh-Tokoh di Dunia

SEBERAPA PENTINGKAH DIGITAL MARKETING DALAM DUNIA KEWIRAUSAHAAN?

Pengaplikasian Lingkungan Manajemen pada PT. Unilever Indonesia Tbk