SEBERAPA PENTINGKAH DIGITAL MARKETING DALAM DUNIA KEWIRAUSAHAAN?
- Dapatkan link
- Aplikasi Lainnya
Halo, Sobat Dunia Kampus
Digital
marketing merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi para entrepreneur
muda dalam merintis dan mengembangkan sebuah bisnis. Mengapa dikatakan sangat penting?
Karena dalam dunia bisnis saat ini, digital marketing menjadi metode pemasaran
yang banyak dipakai oleh para wirausahawan untuk melakukan promosi dan memasarkan
produk bisnisnya. Digital marketing telah terbukti dapat menjangkau target
pasar yang lebih luas, meningkatkan penjualan, serta membantu persaingan dengan
perusahaan-perusahaan besar. Apalagi di era pandemi covid-19 ini, semakin
membuktikan betapa pentingnya digital marketing bagi dunia kewirausahaan.
Menurut
data pada bulan Januari 2019, total populasi di Indonesia adalah 268,2 juta
penduduk. Kemudian dari 268,2 juta penduduk di Indonesia ini, 150,0 juta
diantaranya adalah pengguna internet. Dan keseluruhan dari pengguna internet
ini adalah aktif menggunakan sosial media. Bahkan dari 150,0 juta pengguna
sosial media aktif ini, mereka yang mengakses media sosial menggunakan mobil
phone itu sekitar 130,0 juta. Jadi, hampir 80% dari pengguna aktif media
sosial, mereka mengakses menggunakan smartphone. Yang artinya, hampir seluruh
atau kebanyakan orang saat ini menggunakan smartphone. Smartphone bukan lagi
menjadi barang mewah karena setiap orang menggunakannya dan setiap smartphone
sudah pasti ada aplikasi media sosial di dalamnya. Sehingga, mengapa beberapa
pemasar saat ini menggunakan media sosial sebagai strategi pemasarannya, karena
mengigat bahwa sekarang ini banyak konsumen yang telah aktif menggunakan media
sosial melalui smartphonenya.
Dan data
pada bulan Januari 2020, terjadi penambahan populasi yang awalnya 268,2 juta
penduduk tumbuh menjadi 1,1%. Ada penambahan sekitar 2,9 juta penduduk
Indonesia. Dan seiring dengan bertambahnya populasi di Indonesia, ternyata
terjadi pertumbuhan penggunaan smartphone juga yaitu tumbuh sekitar 4,6% atau
terjadi penambahan sekitar 15 juta pengguna. Dan disini bisa kita lihat bahwa
pertumbuhan pengguna smartphone lebih cepat dibandingkan pertumbuhan jumlah
populasi di Indonesia. Begitupun dengan pengguna internet. Pengguna internet
tumbuh sekitar 17% dalam waktu satu tahun atau terjadi penambahan sekitar 25
juta pengguna. Kemudian pertumbuhan pengguna media sosial tumbuh sekitar 8,1%
atau terjadi penambahan sekitar 12 juta orang pengguna media sosial dalam waktu
satu tahun. Jadi kalau kita bisa lihat disini, pertumbuhan penggunaan
smartphone, kemudian pengguna internet dan aktif media sosial tumbuhnya sangat
cepat dibandingkan pertumbuhan jumlah populasi itu sendiri.
Hal ini
menunjukan bahwa terdapat hal positif yang harusnya di pandang baik oleh
entrepreneur sebagai salah satu peluang. Yang artinya kita harus
mempertimbangkan media digital sebagai bagian dari strategi pemasaran kita.
Karena orang-orang sudah tidak lagi memperhatikan billboard yang ada di jalan.
Karena ketika orang tersebut sudah tidak melewati jalanan itu lagi, maka
billboard itu sudah tidak tebaca lagi atau tidak terlihat lagi. Kemudian
orang-orang juga sudah tidak lagi membaca brosur dengan baik. Kerana orang mungkin
akan menerima brosur tersebut tetapi kemudian lupa menaruhnya dimana, dan
kemudian hilang. Dan hal tersebut sudah tidak cukup efektif dan efisien lagi
bagi para entrepreneur. Berbeda halnya ketika kita mempromosikan produk kita
pada media-media digital seperti mempromosikannya melalui media sosial. Karena rata-rata
orang menghabiskan atau menggunakan smartphonenya untuk mengakses internet itu
adalah kurang lebih 8 jam 36 menit atau sekitar 8,5 jam per hari. Padahal kalau
kita kembalikan ke diri kita sendiri mungkin bisa lebih dari 8,5 jam kita
menggunakan smartphone untuk mengakses internet. Kemudian, orang rata-rata
membuka media sosial itu bisa sekitar 3 jam 26 menit atau sekitar 3,5 jam per
hari. Dan menurut data di tahun 2019, platform yang paling banyak digemari oleh
pengguna media sosial adalah youtube, whatsapp, facebook, Instagram, line,
twitter, dan lain sebagainya. Dan ini menjadi hal yang sangat penting bagi para
pelaku usaha untuk bisa mempertimbangkan bahwa mereka harus mempromosikan
produknya melalui media sosial.
Kalau
kita berbicara tentang digital marketing, maka kita sedang berbicara tentang
bagaimana merancang sebuah strategi, yaitu rencana strategi yang kita lakukan
agar usaha kita menjadi tumbuh dan berkembang, kemudian bagaimana produk kita
bisa lebih dikenal oleh banyak orang, serta bagaimana kita mampu berdaya saing
dengan persaingan yang ada di lingkungan kita.
Maka kita bisa
menggunakan konsep SOSTAC marketing diagram, yaitu :
1. 1. Situation Analysis " Where are we now?
-
Goal
Performance (5S).
-
Customer
Insight " Bagaimana penilaian
atau pandangan konsumen terhadap produk kita.
-
E-marketplace
SWOT " Bagaimana menyusun SWOT seperti kekuatan dan kelemahan usaha
kita itu seperti apa, kita punya peluang apa, dan ancaman usaha kita itu apa.
-
Brand
Perception.
-
Internal
Capabilities and Resources.
Jadi,
disituasion analysis ini kita perlu mengevaluasi sebenarnya posisi kita saat
ini itu seperti apa.
2. 2. Objectives
" Where do we want to
be?
(1)
Sell " Sell ini berbicara
tentang posisi penjualan kita sekarang itu seperti apa dan tingkat penjualannya
bagaimana.
(2)
Serve
" Serve ini berbicara
tentang target kepuasan pelanggan. yaitu bagaimana kita dalam memberikan
layanan kepada konsumen kita.
(3)
Save
" Save ini berbicara
tentang bagaimana mengukur keuntungan atau sudah cukup efisienkah kita dalam hal
biaya.
(4)
Speak
" Speak ini berbicara
tentang bagaimana kita membangun keterikatan dengan konsumen kita dan bagaimana
kita mampu mengkomunikasikan produk atau layanan yang kita punya kepada
konsumen kita.
(5) Sizzle " Sizzle ini berbicara tentang durasi kunjungan, yaitu bagaimana kita melakukan perpanjangan terhadap produk dan layanan yang kita punya.
3. 3. Strategy
" How do we get there?
-
Segmentation,
Targeting, and Positioning " Menyusun seperti segmen
kita itu siapa, terget kita itu siapa, dan positioningnya seperti apa.
-
OVP
(Online Value Proposition) " Value apa yang kita
unggulkan dalam bisnis kita.
-
Sequence
(Credibility Before Visibility) " Bagaimana kita
meningkatkan kredibilitas kita melalui media digital. Misalkan, ketika anda
bisa menjual sebuah produk, anda bisa memberikan deskripsi produk yang jelas.
Dan didalam digital marketing tersebut anda memberikan ruang kepada konsumen
anda untuk mereview produk anda. Dan secara tidak langsung konsumen anda mau
memberikan review yang terbaik tentang produk anda. Kemudian ketika ada review
negatif, kita pun diberikan ruang untuk kita bisa melakukan feedback. Sehingga
kita bisa menjaga kredibilitas kita.
- Tools (Web Functionally, E-mail, IPTV) " Channel apa saja yang akan kita gunakan dalam digital marketing.
4. 4. Tactics
" How exactly do we get
there?
-
E-marketing
mix, including the communication mix, social networking "
E-marketing apa saja yang akan kita lakukan dan
media platform apa saja yang akan kita gunakan.
-
Details
of Contact Strategy " Terkait dengan
bagaimana kita menjalin komunikasi, bagaimana kita akan melakukan penjadwalan
tentang posting, dan bagaimana kita akan melakukan launching produk.
- E-campaign initiative schedule.
5. 5. Actions
" The details of tactics
-
Responsibilities
and Structures.
-
Internal
Resources and Skills.
-
External
Agencies.
Jadi di
actions ini, bagaimana kita melakukan promosi melalui facebook atau Instagram
dan bagaimana kita melakukan hastag.
6. 6. Control
" How do we monitor
performance?
-
5Se
" Web analytics " KPIs.
-
Usability
Testing / Mystery Shopper.
-
Customer
Satisfaction Surveys.
-
Site
Visitor Profiling.
-
Frequency
of Reporting.
-
Process
of Reporting and Actions.
Jadi di
control ini, bagaimana kita mengkontrol atau memonitor strategi yang sudah kita
susun dan apakah kita bisa lanjutkan atau kita harus perbaharui strategi kita.
Dan
ketika anda sedang ingin mengembangkan sebuah usaha, maka anda tidak bisa
berhenti begitu saja. Karena ketika anda berubah, kemungkinan orang lain atau kompetitor
juga ikut berubah. Sehingga, kita dituntut untuk lebih kreatif, inovatif, dan
melakukan berbagai macam gerakan yang harus kita lakukan untuk membuat skill up
usaha kita.
- Dapatkan link
- Aplikasi Lainnya
Komentar
Informatif banget 👍
BalasHapusMakasih, saangat informatif.
BalasHapusSangat bermanfaat
BalasHapusthanku infonyaa
BalasHapus