Pengaplikasian Gaya Kepemimpinan pada Tokoh-Tokoh di Dunia

Gambar
 A. Kepemimpinan Menurut buku Pengantar Manajemen karya Amirullah. S.E.M.M. kepemimpinan merupakan orang yang memiliki kewenangan untuk memberi tugas, mempunyai kemampuan untuk membujuk atau mempengaruhi orang lain (bawahan) dengan melalui pola hubungan yang baik guna mencapai tujuan yang telah ditentukan. Sedangkan Menurut buku Pengantar Manajemen karya Sentot Imam Wahjono, Kepemimpinan adalah proses seseorang memengaruhi orang lain untuk melakukan sesuatu atau banyak hal untuk mencapai tujuan organisasi dengan cara menginspirasi, memotivasi, dan mengarahkan. Orang yang mampu memengaruhi orang lain itu disebut pemimpin. Ketika pemimpin efektif, pengaruhnya terhadap orang lain akan membantu grup atau organisasi mencapai tujuannya. Sebaliknya, bila pemimpin tidak efektif, pengaruhnya tidak menyumbang atau bahkan merusak upaya pencapaian tujuan yang telah terbina sebelumnya. Menurut G.R.Terry (1960) sebagai salah seorang pengembang ilmu manajemen, mengemukakan bahwa tipe kepemimpinan a

MENGENAL LEBIH DEKAT TENTANG KEWIRAUSAHAAN DIGITAL





    Kewirausahaan adalah kemampuan mengubah setiap peluang menjadi tantangan yang bernilai ekonomi. Saat kemampuan ini disinergikan dengan kompetensi di bidang teknologi, maka lahirlah kemampuan wirausaha di bidang teknologi yang dikenal sebagai kewirausahaan digital. Jika ditelaah, kewirausahaan digital berasal dari kata “teknopreneur” yang bermakna “wirausaha digital” serta merupakan gabungan antara ‘teknologi’ dan ‘entrepreneur’. Secara umum, kata “teknologi” merujuk pada penerapan praktis ilmu pengetahuan yang digunakan untuk menjalankan industri, meliputi penciptaan alat-alat, pengembangan keahlian, pemecahan masalah, dan sebagainya. Sedangkan kata “entrepreneur” merujuk pada seseorang atau kelompok yang menciptakan usaha dengan keberanian menanggung risiko dan ketidakpastian untuk mencapai keuntungan dengan cara mengidentifikasi peluang yang ada. Seorang wirausaha digital tidak cukup bermodalkan satu atau dua kemampuan di bidang teknologi saja, tetapi juga harus peka terhadap inovasi teknologi yang didukung dengan penemuan ide kreatif. Dengan demikian, kewirausahaan digital adalah upaya untuk mencapai peluang usaha baru melalui teknologi internet.

    Kewirausahaan digital ini semakin banyak digeluti oleh masyarakat. Jadi tidak heran bila kemudian, setiap hari banyak start-up yang berbasis digital hingga online shop kian menjamur dan memberikan beragam pilihan inovatif kepada masyarakat. Bahkan para pengusaha sukses dibidang teknologi ini wajib diacungi jempol karena prestasi mereka bisa mengubah perekonomian sebagian warga di Indonesia, diantaranya yaitu :

1. Nadiem Makarim (Gojek)

Gojek di didirikan pada tahun 2010 oleh Nadiem Makarim. Ia membangun perusahaan teknologiuntuk kebutuhan transportasi tanah air karena ingin membantu para tukang ojek untuk mendapatkan penumpangnya. Dan ternyata ide ini berhasil. Bahkan para gojek ini bisa juga mengantarkan makanan yang dipesan oleh pelanggan. 

2. William Tanuwijaya (Tokopedia)

Pada tahun 2007 William mulai membangun Tokopedia bersama dengan Leontinus Alpha Edison. Setelah Tokopedia berdiri tentunya banyak sekali rintangan yang di hadapi seperti kekurangan modal. Selama dua tahun William mencari investor, akhirnya tokopedia mendapatkan dana dari investor. Dan kini tokopedia telah sukses menjadi toko online di Indonesia.

    Kewirausahaan digital itu sangat penting karena kita dapat mengetahui tingkat permintaan pelanggan secara online. Dan secara tidak langsung, kita akan lebih mengenal apa yang disukai dan tidak di sukai oleh para target pelanggan kita. Dalam hal ini, kita bisa menggunakan kata kunci atau keywords yang disarankan oleh aplikasi Google untuk menarik perhatian para calon pelanggan ke situs bisnis kita. Jika salah satu keywords yang kita gunakan tersebut berhasil membawa calon pelanggan mengunjungi situs bisnis kita, maka kita bisa mengetahui keywords tersebut merupakan minat atau ketertarikan yang calon pelanggan kita inginkan.

Peluang dan tantangan yang ada terkait kewirausahaan digital yaitu :

1. Transfomasi Digital

Transformasi digital yang tiap harinya makin maju dan canggih memiliki banyak sekali manfaat dalam perkembangan dunia bisnis saat ini. Namun, transformasi ini bisa menjadi sebuah tantangan apabila bisnis yang kita jalankan tidak dapat mengikutinya. Apalagi, dengan adanya rasa ketakutan untuk mengubah cara-cara lama akan menimbulkan kekhawatiran apabila transformasi yang dilakukan tidak sesuai dengan yang diharapkan dan justru gagal. Hal ini perlu kita sikapi dengan rasa percaya diri yang tinggi dan pantang menyerah. 

2. Sumber Daya Manusia

Sebuah bisnis yang ingin berkembang juga membutuhkan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan yang mencukupi. Selain itu, pemilik bisnis juga perlu memberikan pelatihan tambahan untuk menyesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. 

3. Selera Masyarakat yang Senantiasa Berubah

Dalam berwirausaha, seringkali kita menemukan bahwa masyarakat mudah sekali berubah baik dari segi selera, keinginan, maupun kebutuhan. Sebagai wirausaha, kita diminta untuk terus berinovasi, apalagi persaingan dalam berwirausaha sangat tinggi. Kita dituntut untuk berpikir out of the box agar dapat menciptakan suatu produk barang atau jasa yang unik dan sedang diminati oleh masyarakat.

Selain ada peluang dan tantangan dalam kewirausahaan digital, ada juga kompetensi yang harus dimiliki bila berniat menjadi wirausaha digital yaitu:

1. Komunikasi

Komunikasi adalah kompetensi yang paling penting dalam wirausaha, karena komunikasi yang baik adalah kunci sukses seorang wirausahaan. Seorang wirausaha akan bertemu dengan banyak orang, baik calon klien maupun partner bsinis yang akan bekerja sama dengan kita. Dengan mempunyai skill komunikasi yang baik akan mempermudah kita dalam menjelaskan tentang suatu produk dari bisnis kita kepada calon klien, kita juga dapat melakukan promosi kepada investor maupun pelanggan. Dan tentunya kesempatan untuk bekerja sama dengan banyak orang pun menjadi terbuka lebih besar.

2. Finansial

Memiliki kecerdasan finansial sangat penting dalam wirausaha. Finansial sendiri membahas bagaimana kondisi keuangan suatu individu, bisnis, atau organisasi. Finansial merupakan bagaimana cara kita bisa mengendalikan atau mengatur uang masuk dan keluar dalam suatu usaha. Suatu kondisi finansial dikatakan baik jika ada sistem manajemen yang teratur dan bisa dipertanggungjawabkan kepada pihak-pihak terkait.

3. Merek

Setiap wirausaha harus memiliki merk. Merek dapat membedakan produk kita dengan produk pesaing. Merek juga dapat menambah image sebuah produk, karena konsumen cenderung memilih produk yang bermerek karena lebih bisa dipercaya.

4. Marketing

Marketing sangat penting dalam wirausaha. Marketing dianggap sebagai cara yang paling efektif dalam menjelaskan sebuah produk atau jasa kepada calon pelanggan serta dapat meningkatkan penjualan dan membuat bisnis tumbuh. Kita bisa melakukan marketing dengan cara menggunakan Search Engine Optimization (SEO). SEO ini merupakan jenis marketing yang sangat populer saat ini. Dengan menggunakan SEO, seorang wirausaha dapat menganalisis calon pembeli secara spesifik.

5. Networking

Banyak wirausaha sukses dengan menggunakan networking sebagai kunci dari keberhasilan mereka. Networking sendiri dapat diartikan sebagai sebuah hubungan yaitu bagaimana kita bisa menjalin hubungan yang baik dengan banyak orang. Networking dalam wirausaha itu sangat penting karena dapat membantu dan memudahkan perkembangan bisnis kita. Makin luas jaringan tali silaturahmi kita, makin kuat pondasi bisnis seorang wirausaha.

6. Automation

Automation adalah sebuah aktivitas dengan menggunakan perangkat lunak (software) untuk mengotomatisasi kegiatan-kegiatan marketing secara khusus dan lebih luas. Serta dapat membantu wirausaha menambah keuntungan dengan meningkatkan efektivitas dan efisiensi dari kegiatan-kegiatan bisnis tersebut.

7. Design

Design untuk barang atau jasa yang akan diproduksi merupakan sebuah hal yang paling penting dalam wirausaha. Design yang cocok akan membantu kita dalam mengkomunikasikan merek agar lebih diingat oleh banyak orang. Design yang baik juga dapat menarik target pasar yang baru dan meningkatkan penjualan.

8. Analytics

Analytics dalam wirausaha adalah belajar bagaimana cara menganalisis sebuah bisnis untuk meningkatkan kualitas layanan. Analisis dalam bisnis digunakan untuk mendapatkan wawasan yang menginformasikan keputusan bisnis dan dapat digunakan untuk mengotomatisasi dan mengoptimalkan proses bisnis. Analisis bisnis yang berhasil bergantung pada kualitas data dan bagaimana suatu bisnis mengambil keputusan berdasarkan data.

9. Technical

Seorang wirausaha harus memiliki kemampuan dalam bidang teknik produksi dan desain produksi. Ia harus mengetahui dengan baik bagaimana barang atau jasa itu harus dihasilkan dan disajikan.

10. Learning

Online learning merupakan salah satu kompetensi penting di era digital ini yang mana dapat membantu untuk meningkatkan kinerja bisnis.


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengaplikasian Gaya Kepemimpinan pada Tokoh-Tokoh di Dunia

SEBERAPA PENTINGKAH DIGITAL MARKETING DALAM DUNIA KEWIRAUSAHAAN?

Pengaplikasian Lingkungan Manajemen pada PT. Unilever Indonesia Tbk